PENGOLAHAN DATA
KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN,
ANAK, MASYARAKAT, DAN KELUARGA BERENCANA (BP2AMKB) PROVINSI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
MAKALAH
DISUSUN
OLEH :
1.DEBIYANTO NIP
: A10191642
2.FERONICA NIP
: A10191651
3.RANITA
YULIANA NIP
: A10191675
DATA COMPUTER
INFORMATIKA
PONTIANAK
2010/2011
PENGOLAHAN
DATA KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN,
ANAK, MASYARAKAT, DAN KELUARGA BERENCANA (BP2AMKB) PROVINSI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
MAKALAH
Diajukan
Untuk Menyelesaikan Salah Satu Syarat Dalam
Menyelesaikan
Pendidikan Ahli Komputer Pada
Data
Computer Informatika Pontianak
Jurusan
Komputer Akuntansi
OLEH
1.DEBIYANTO NIP
: A10191642
2.FERONICA NIP
: A10191651
3.RANITA
YULIANA NIP
: A10191675
DATA COMPUTER INFORMATIKA
PONTIANAK
2010/2011
PENGOLAHAN
DATA KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN,
ANAK, MASYARAKAT, DAN KELUARGA BERENCANA (BP2AMKB) PROVINSI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
Tanggung
Jawab Yuridis dan Material Pada :
1.DEBIYANTO NIP
: A10191642
2.FERONICA NIP
: A10191651
3.RANITA
YULIANA NIP
: A10191675
Disetujui
Oleh :
Pembimbing
Teknik Penulisan Pembimbing
Teknik Komputer
( Carolina,SE ) ( Kerubinus
Cilin Sievandu,S.Kom)
Disetujui Oleh :
Direktur
(Cornelia,SE)
PENGOLAHAN
DATA KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PADA KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN,
ANAK, MASYARAKAT, DAN KELUARGA BERENCANA (BP2AMKB) PROVINSI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0
Tanggung
Jawab Yuridis dan Material Pada:
1.DEBIYANTO NIP
: A10191642
2.FERONICA NIP
: A10191651
3.RANITA
YULIANA NIP
: A10191675
PENGGUJI 1 PENGGUJI 2
( ) ( )
KATA PENGANTAR
Puji Syukur penulis panjatkan Kehadirat Tuhan Yang
Maha Esa, karena atas Rahmat dan Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan
makalah yang berjudul “PENGOLAHAN DATA KEARSIPAN SURAT MASUK DAN KELUAR PDA
KANTOR BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, ANAK, MASYARAKAT DAN KELUARGA BERENCANA
(BP2AMKB) PROVINSI KALIMANTAN BARAT MENGGUNAKAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0”.
Tujuan penulis menyusun makalah ini adalah sebagai
salah satu syarat untuk menyelesaikan
studi pendidikan di Data Computer Informatika cabang Pontianak, dan
untuk menambah pengalaman serta wawasan penulis dalam bidang komputerisasi.
Walaupun dalam menyusun makalah ini penulis banyak
hambatan, namun atas dukungan dan dorongan dari berbagai pihak, hambatan
tersebut dapat teratasi.Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis
mengucapkan terim kasih pada :
1. Ibu Cornelia,SE.selaku Direktur Data Computer
Informatika Pontianak
2. Bapak
Kerubinus Cilin Sievandu,S.Kom selaku wakil bidang akademik Data Computer
Informatika dan pembimbing teknik computer yang telah mengarahkan dan memberikan
masukan-masukan dalam menyelesaikan makalah ini.
3. Ibu Carolina
SE selaku pembimbing teknik penulisan makalah yang telah membimbing penulis
dalam cara penulisan
4. Ibu Sri
Jumiadin,M.Si selaku Kepala Badan BP2AMKB yang telah berkenan memberikan data
kepada penulis.
5. Pihak BP2AMKB
yang telah memberikan izin, kesempatan bagi penulis untuk melakukan praktek
kerja lapangan (PKL) di areal kerjanya, serta memberikan data-data yang
diperlukan.
6. Orang tua tercinta yang member dukungan moril
serta materiil
7. Rekan-rekan
yang telah banyak memberikan semangat serta masukan dalam penyusunan makalah
ini, dan semua pihak yang ikut serta membantu dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini
masih banyak kekurangan dan kesalahan, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan
saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih semoga
makalah yang penulis buat ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi
pembaca.
Pontianak, September 2011
Penulis
BAB.I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Dalam dunia perkantoran
mendengar yang namanya arsip sudah tentu tidak asing lagi,karena dalam setiap
kantor pasti mempunyai yang namanya arsip.dalam penyusunan arsip tentu harus
dengan ketelitian dan keteraruran yang optimal,agar dalam pencarian data atau
berkas yang dibutuhkan tidak membutuhkan waktu yang begitu lama sehingga bisa
lebih menghemat waktu dan tenaga pegawai itu sendiri.
Dalam sebuah kantor
pasti mempunyai ruangan yang disebut dengan Ruang Tata Usaha (TU) diruang
inilah tempat penyimpanan arsip-arsip itu.tempat penyimpanan arsip-arsip
tersebut ada berbagai jenis seperti filling kabinet,hang map,tickler
file,ordner,lemari arsip,microfilm,computer dan lain
sebagainya.para pegawai TU inilah yang bertugas dalam menyusun dan membuat
arsip .
Penggelolaan
penyimpanan arsip juga dilakukan dengan berbagai macam cara ada yang dilakukan
dengan cara pembukuan manual ada juga yang dilakukan dengan cara komputerisasi pada
zaman sekarang ini kemajuan teknologi tentu mempengaruhi penggelolaan tersebut dengan
adanya kemajuan teknologi juga tentu saja ada yang menghilangkan cara
penggelolaan arsip yang lama dan tentu juga memunculkan cara yang baru.
Dalam makalah ini penulis akan memaparkan
cara penggelolaan arsip yang dilakukan oleh kantor Badan Pemberdayaan
Perempuan, Anak, Masyarakat, dan Keluarga Berencana (BP2AMKB) Provinsi
Kalimantan Barat dan akan melakukan penggolaan data surat masuk dan surat
keluar kantor BP2AMKB Provinsi Kal-Bar dengan salah satu program yang penulis
pelajari di Data Computer Informatika (D.C.I) Cab. Pontianak. Penulis juga akan
membahas pentingnya penggelolaan data surat masuk dan surat keluar yang
kemudian akan mempermudah penggelolaan surat-surat masuk dan keluar kantor.
B. Permasalahan
Adapun masalah yang
akan penulis bahas dari latar belakang
tersebut di atas yaitu”Bagaimana penggolahaan data kearsipan surat masuk
dan surat keluar pada kantor badan pemberdayaan perempuan, anak, masyarakat, dan
keluarga berencana (BP2AMKB) dengan mengunakan Microsoft visual basic 6.0?”
C. Pembatasan Masalah
Agar penulisan tidak
menyimpang dari pokok-pokok permasalahaan, maka penulis membatasi penulisan ini
pada :
1. Bagaimana cara
pengarsipan surat menyurat yang di lakukan kantor BP2AMKB selama ini ?
2. Bagaimana
cara membuat program untuk penggelolaan data surat masuk dan surat keluar pada
kantor BP2AMKB menggunakan Microsoft visual basic 6.0 ?
D. Tujuan dan Manfaat Penulisan
1. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulis
menyusun makalah ini adalah sebagai berikut:
a. Untuk
mengetahui cara pengarsipan yang dilakukan oleh kantor BP2AMKB selama ini.
b. Untuk
mengetahui bagaimana cara membuat program pengolahan kearsipan surat masuk dan
surat keluar pada kantor BP2AMKB dengan menggunakan Microsoft visual basic 6.0.
2. Manfaat Penulisan
Manfaat dari penulisan
makalah ini penulis terbagi menjadi 3 bagian,yaitu:
a.
Bagi Penulis
Bermanfaat untuk lebih
mamahami cara pengolahan data kearsipan pada kantor BP2AMKB dan untuk manguji
kemampuan atau keterampilan dalam pengelolaan data kearsipan pada sebuah
kantor,serta sebagai syarat dalam studi di Data Computer Informatika Pontianak.
b.
Bagi BP2AMKB
Bermanfaat untuk
memudahkan dalam pengelolaan data surat masuk dan keluar dan untuk menghemat
tempat penyimpanan data-data tersebut.
c.
Bagi Pembaca
Bermanfaat untuk menambah pengetahuan
dalam pengelolaan kearsipan pada kantor BP2AMKB dan untuk lebih memahami
tentang kearsipan.
E.Prosedur Pegumpulan Data
Adapun metode penulisan
yang di gunakan penulis dalam adalah metode Diskriftif, metode Wawancara, dan
metode Observasi.
1.
Metode
diskriftif adalah metode yang menyajikan data secara apa adanya, oleh karena
itu penulis akan mendiskrifsikan fakta-fakta yang di dapat penulis selama
Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada kantor Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat,
dan Keluarga Berencana (BP2AMKB) Provinsi Kalimantan Barat.
2.
Metode Wawancara
adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data dengan mengadakan wawancara
dengan Narasumber. Jadi data-data yang disajikan adalah semua hasil yang di dapat
dari wawancara dengan narasumber.
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.Gambaran Umum
Tentang BP2AMKB
Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat,
dan Keluarga Berencana (BP2AMKB) Provinsi Kalimantan Barat dibentuk berdasarkan
Perda Nomor 10 tahun 2008 tanggal 20 Oktober 2008 tentang Susunan Organisasi
Perangkat Daerah. Lebih lanjut tugas dan fungsinya diatur dalam Pergub No.63
tahun 2008, tanggal 10 Nopember 2010 antara lain melaksanakan penyusunan dan
pelaksanaan daerah bersifat spesifik di bidang Pemberdayaan Perempuan, Pemberdayaan
Masyarakat, Perlindungan Anak serta Keluarga Berencana. Khusus Pemberdayaan
Perempuan Visinya adalah mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dan
perlindungan anak, sedangkan misi bidang pemberdayaan perempuan antara lain
meningkatkan kualitas hidup perempuan, menghapuskan segala bentuk kekerasan
terhadap perempuan dan anak.
Kantor BP2AMKB provinsi Kalimantan Barat
beralamat di Jalan.Sultan Abdurrachman Nomor 101, Pontianak. BP2AMKB Provinsi
Kalimantan Barat di Pimpin oleh Kepala Badan. Banyak sudah program dilaksanakan
oleh BP2AMKB selama dibentuk. Misalnya Kegiatan Lomba Desa, Penyuluhan kepada
masyarakat. Menanggulangi korban trafficking, dan penyuluhan tentang bahaya
narkoba bagi kaum muda bangsa.
1.Struktur
Organisasi Kantor BP2AMKB
Adapun
Struktur Organisasi pada kantor BP2AMKB adalah sebagai berikut :
Plt. Sub. Bag Umum & Aparatur
|
Kabid.Perlindungan Anak &
KB
|
Kabid.Pemberdayaan Masyarakat
|
Kabid.Pemberdayaan Perempuan
|
Kasubid.Kelemb.& Pelatihan
Masyarakat
|
Kasubid.Usaha Ekonomi Masyarakat
& TTG
|
Kasubid.Penigkatan Kualitas Hidup Perempuan
|
Kasubid.Perlindungan Perempuan
|
Kasubid.Perlindungan Anak
|
Plt.Kasubid.Kesejahteraan Anak &
KB
|
SRUKTUR ORGANISASI
BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN, ANAK, MASYARAKAT
DAN KELUARGA BERENCANA
PROVINSI
KALIMANTAN BARAT
|
Sumber : Kantor BP2AMKB
Uraian
tugas
a.
Kepala Badan
BP2AMKB
Kepala Badan mempunyai tugas melaksanakan
tugas-tugas yang sudah ditentukan dalam Perda No 63 Tahun 2008, mengawasi
kenerja sub-sub bagian, mengarahkan kepala-kepala bagian dalam melaksanakan
tugas masing-masing, menyelenggarakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan,
memberikan pembinaan kepada pegawai-pegawai dalam melaksanakan tugas, menjalankan
tugas sebagai pimpinan.
b.
Sekretaris Badan
Sekretaris Badan
mempunyai tugas mambantu Kepala Badan
dalam melaksanakan tugas sebagai kepala bagian, membantu memberikan
pengarahan kepada pegawai dibawah sekretaris badan, mencatat segala kegiatan
yang dilaksanakan BP2AMKB. Bidang-bidang yang ada dibawah sekretaris Badan
adalah Plt. Sub. Bag Umum & Aparatur, Sub. Bag. Keuangan Aset, serta Sub. Bag
Renja & monev .
c. Kepala Sub
Bagian Umum dan Aparatur sebagai berikut :
-Membantu
Sekretaris Badan BP2AMKAB dibidang Umum dan Aparatur
-Melakukan urusan ketatausahaan BP2AMKB.
-Melakukan urusan rumah tangga BP2AMKB.
d.
Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan Aset
Kepala Sub Bagian Perencanaan Keuangan dan Aset mempunyai
tugas antara lain
-Membantu Kepala Bagian Tata Usaha dibidang
Perencanaan dan Keuangan Dinas Perhubungan
-Mempersiapkan dan melakukan koordinasi penyusunan
Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (RENJA), dan Rencana Anggaran satuan
Kerja (RASK) Dinas Perhubungan, dan sebagainya.
e.
Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan.
Membantu
Kepala Badan dalam melaksanakan kebijakan teknis, pembinaan dan penyusunan serta pengelolaan
pemberdayaan perempuan. Bidang ini terdiri dari Kasubid. Kelembagaan &
Pelatihan Masyarakat dan Kasubid. Usaha Ekonomi Masyarakat & TTG.
f. Kepala Bidang Perlindungan Anak & KB
Kepala
Bidang Perlindungan Anak & KB mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam
menyelenggarakan kegiatan pembinaan pengawasan pemberdayaan anak dan KB. Bidang
ini terdiri atas Kasubid. Peningkatan Kualitas Hidup Perempuan dan Kasubid Perlindungan
Perempuan.
g.
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat
Kepala
bidang pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas membantu Kepala Badan dalam
melakukan analisa perkembangan masyarakat, budaya masyarakat, tingkah laku dan
permberdayaan. Di bidang ini terdiri dari Kasubid. Perlindungan Anak dan Plt. Kasubid.
Kesehjahteraan Anak & KB.
B. Microsoft
Visual Basic 6.0
1. Pengenalan
Visual Basic
Basic adalah salah suatu development tools untuk
membangun aplikasi dalam lingkungan windows. Dalam pengembangan aplikasi Visual
Basic menggunakan pendekatan Visual unuk merancang user interface dalam bentuk
form.Sedangkan untuk kodingnya mengunakan dialek bahasa Basic yang cenderung
mudah dipelajari. Visual Basic telah menjadi tools yang terkenal bagi para
pemula maupun para developer. Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis
Microsoft windows yang merupakan Object Oriented Programing (OOP), yaitu
pemrograman berorientasi objek. Visual Basic menyediakan objek-objek yang
sangat kuat, berguna dan mudah.
Dalam lingkungan
windows, User interface sangat memegang peranan penting. Karena dalam pemakaian
aplikasi yang kita buat.Pemakai senantiasa berinteraksi dengan user-interface
tanpa menyadari bahwa dibelakangnya berjalan intruksi-intruksi program yang
mendukung tampilan dan proses yan dilakukan.
Pada pemrograman Visual, pengembangan aplikasi
dimulai dngan pembentukan user interface. Kemudian mengatur property dari
objek-objek yang digunakan dalam user interface. Dan baru dilakukan penulisan
kode program untuk menangani kejadian-kejadian. Tahap pengembangan aplikasi
demikian dikenal dengan istilah pengembangan aplikasi dengan pendekatan bottom
up.
2. Komponen
Visual Basic
Adapun komponen yang ada di Visual Basic adalah
sebagai berikut:
1.Project,
adalah sekumpulan modul/program aplikasi itu sendiri.projek disimpan dalam file
berxtension. Visual Basic Project biasanya berisi form-form.Ada tiga icon dalam
projek :
-View Code : Tampilan jendela editor program
-View Object : Tampilan bentuk formulir
-Togle
folder : Tampilan folder tempat
pentimpanan file
Gambar 2.1: Project
2.Form, adalah objek yang dipakai untuk tempat
bekerja program aplikasi.Di dalamnya tempat diletakkan objek-objek
lainnya.Didalam form ada grid(garis titik-titik yang berguna untuk pengaturan
letak).
Gambar 2.2:Form
3.Toolbox, adalah kotak alat berisis icon-icon atau
komponen untuk memasukan objek tertentu kedalam form.
Gambar 2.3:Toolbox
4.Propertis, adalah untuk menentukan setting suatu
objek, menentukan cara kerja dari objek saat program dijalankan missal warna, huruf
dan lain-lain.
Gambar 2.4:Propertis
5.Kode Program, adalah serangkaian tulisan perintah
yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan.
Gambar 2.5: Kode
Program
3. Langkah-Langkah
Membuka Program Microsoft Visual Basic
Adapun langkah-langkah untuk membuka program Visual
Basic adalah sebagai berikut :
1.Klik Start - All program - Microsoft Visual Basic
6.0,tampilan yang muncul di layar seperti ini :
Gambar 2.6: Jendela
Windows
2.Klik Microsoft Visual
Basic 6.0, maka akan tampil dilayar seperti gambar berikut :
Gambar 2.7:Microsoft
Visual Basic
3.Untuk membuat Form
baru maka klik Open, dan dilayar akan tampil:
Gambar 2.8: Lembar
Kerja Visual Basic
BAB III
PEMBAHASAN
A.Cara Pengarsipan Surat Menyurat pada Kantor
BP2AMKB
NO
URUT
|
NO
SURAT
|
TANGGAL
SURAT
|
TUJUAN
SURAT
|
PERIHAL
|
1
|
110/BP2AMKB/IX/PM/2011
|
12 Juni 2011
|
Sekda
|
Pengajuaan Proposal Lomba Desa
|
2
|
111/BP2AMKB/X/PM/2011
|
12 Juni 2011
|
Gubernur Kalbar
|
Rapat Koordinasi Lomba Desa
|
3
|
112/BP2AMKB/XI/PA/2011
|
14 Juni 2011
|
Bupati Sintang
|
Pengadaan Imunisasi Gratis
|
4
|
113/BP2AMKB/XII/PP/2011
|
15 Juni 2011
|
DPRD Provinsi
|
Undangan Rapat Pembentukan Badan
Penanggulangan Travfikicng
|
5
|
113/BP2AMKB/XII/PP/2011
|
16 Juni 2011
|
Kepala Sekolah SMK Pembangunan Rasau Jaya
|
Seminar Bahaya Penyalahgunaan Narkoba
|
Pada kantor BP2AMKB
cara pengarsipan yang dilakukan dengan berbagai cara.Salah satunya dengan
pengagendaan surat yang masuk dan pengagendaan surat keluar.Surat-surat
tersebut diagendakan pada sebuah buku dengan format seperti yang terlihat pada
gambar berikut :
Agenda Surat Keluar
Agenda Surat Masuk
NO URUT
|
NO SURAT
|
TANGGAL KELUA
|
ASAL SURAT
|
PERIHAL
|
1
|
001/SEKDA/IX/ADM/2011
|
16 Juli 2011
|
Sekda
|
Undangan Rapat Koordinasi Lomba Desa
|
2
|
002/DISPEN/X/ADM/TU/2011
|
17 Septembar 2011
|
Dinas Pendidikan
|
Penyuluhan Bahaya Narkoba
|
3
|
003/BUPATI/XI/ADM/2011
|
29 Agustus 2011
|
Bupati Sintang
|
Penggajuan Untuk Ikut Lomba Desa
|
4
|
004/SMK.P/XII/TU/2011
|
30 Juni 2011
|
Kepala Sekolah SMANSA Rasau Jaya
|
Lomba Cerdas Cermat
|
5
|
005/GUBERNUR/XIII/ADM/2011
|
7 Juli 2011
|
Gubernur KalBar
|
Penggadaan Lomba Desa
|
Jika
ada surat masuk datang akan diterima oleh pegawai piket kemudian pegawai piket
menandatangani buku catatan surat, kemudian
surat tersebut ditandatangani oleh Staf TU dalam buku penerimaan surat
masuk sebagai bukti tanda terima. Surat tersebut di bukukan pada agenda surat
masuk yang ada di TU, setelah itu surat tersebut diberikan kepada bidang atau
pihak yang dituju dengan menyisipkan disposisi surat. Jadi
dengan demikian pengarsipan surat masuk dan surat keluar pada BP2AMKB dilakukan
dengan cara pembukuan manual atau tanpa system komputerisasi. Untuk pengolahan
surat-surat tersebut penulis membutuhkan data seperti berikut :
a. No Urut : Untuk mencatat nomor urut surat
yang masuk atau keluar
b. No Surat : Untuk mencatat nomor surat yang
masuk atau keluar
c. Tanggal
Keluar : Untuk mencatat tanggal surat yang keluar
d.Tujuan Surat: Untuk
mencatat surat keluar di tujukan kepada
siapa atau instansi apa
e. Tanggal Masuk : Untuk memcatat
tanggal masuknya surat
f. Asal Surat : Untuk
mencatat Surat yang masuk dari siapa atau instansi apa
g. Perihal:Untuk
mencatat isi surat yang masuk atau keluar
B. Langkah-Langkah Membuat Pogram Surat-Menyurat
Pada Kantor BP2AMKB Dengan Visual Basic
Sebelum anda membuat database,anda harus membuat project
terlebih dahulu. Project merupakan sekumpulan modul/program aplikasi itun
sendiri,yang disimpan dalam file yang bereextension VBP dan langkah-langkah
pembuatan proaram kita adalah sebagai berikut:
1. pembuatan Project
2. pembuatan database
3. pembuatan form
4. pembuatan data
environment
5. pembuatan data
report
Adapun
langkah-langkah adalah sebagai berikut:
a. Pembuatan
project
1. Klik Start-All Program-Microsoft Visual
Basic 6.0, Seperti tampilan dibawah ini.
Gambar 3.1:Jendela
Windows
2.
Setelah keluar tampilan seperti di bawah ini,maka Klik Open dan project kita
sudah siap di isi.
Gambar 3.2:Pembuatan
project
b.
Pembuatan
DataBase
Untuk Pembuatan database kita menggunakan Microsoft office
Access 2007 dengan langkah sebagai berikut:
1. Klik Start-All program-Microsoft Office-Microsoft
Office Access 2007 seperti tampilan dibawah ini.
Gambar 3.3:Jendela
Windows
2.
Setelah kita
memilih Microsoft Office Access 2007,maka akan muncul tampilan seperti ini.
Gambar 3.4:Jendela
Tampilan Micorsoft Office Access 2007
3.
Kemudian pilih Blank Document,simpan database kita dengan nama DbSurat_Masuk_
Create
4. Pilih Create-Table
design, dan isikan data-data berikut:No Urut, No Surat, Tanggal Masuk, Asal Surat, Perihal
Seperti gambar berikut ini
Gambar 3.5:Tabel Surat
Masuk dan keluar
Untuk pembuatan DataBase Surat Keluar juga dilakukan dengan
cara yang sama yaitu seperti table berikut :
Gambar 3.6 : Tabel
surat keluar